Job Fair 2019 Ditarget Atasi 2.500 Angka Pengangguran di Jombang

JOMBANG,

Ajang Job Fair 2019 di GOR Merdeka, Jombang, ditarget mampu mengurangi angka pengangguran yang saat ini ada di Kabupaten Jombang. Sejumlah 2.500 lowongan pekerjaan disediakan dalam Job Fair 2019 tersebut yang diikuti oleh sejumlah perusahaan dari dalam dan luar Kabupaten Jombang seperti, Surabaya, Mojokerto, Kediri, dan Nganjuk.

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab membuka secara langsung pelaksanaan Job Fair, Rabu siang (02/09/2019). Job Fair tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan selama dua hari yakni Rabu-Kamis 2-3 September 2019.

 

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab dalam sambutannya mengatakan, Job Fair merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Pemkab Jombang dalam hal ini Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Jombang.

“Nah ini saya harapkan dengan Job Fair, bisa menampung tenaga kerja, para pencari kerja, bisa tertampung di sini, yang tadi disampaikan oleh Disnaker, sampai 2.500 tenaga kerja. Mudah-mudahan bisa tercapai,” ujar Bupati Jombang saat diwawancarai usai membuka acara.

Oleh karenanya, Job Fair kali ini juga diharapkan mampu mengurangi jumlah angka pengangguran di Jombang yang berdasarkan hasil survey tahun 2018 kemarin masih mencapai angka 30 ribu lebih.
“Per stand ada yang 50, ada yang 100 (lowongan pekerjaan), selama dua hari ini mudah-mudahan bisa menampung 2.500 tenaga kerja,” tandas Bupati.

Kepala Disnaker Kabupaten Jombang Purwanto memaparkan, berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) pada tahun 2018 yang lalu, angka pengangguran yang ada di Kabupaten Jombang mencapai angka 31.299 orang dengan jumlah angkatan kerja sebesar 674 orang. Sehingga angka pengangguran terbuka pada tahun tersebut mencapai 4, 64 persen.

“Job Fair ini salah satunya bertujuan untuk mempertemukan para pencari kerja, putra-putri kita, warga masyarakat Kabupaten Jombang dengan perusahaan-perusahaan penyedia lowongan kerja,” papar Purwanto.

Pantauan di lapangan, pada acara tersebut, ribuan pencari kerja tampak memadati tribun atas GOR Merdeka, Jombang hingga di luar GOR. Setelah dibuka oleh Bupati, ribuan pencari kerja ini kemudian mendatangi stand-stand perusahaan penyedia lowongan pekerjaan. Total terdapat 42 perusahaan dari Kabupaten Jombang dan sekitarnya ikut berpartisipasi menyediakan lowongan pekerjaan dalam Job Fair kali ini.

Ajang Job Fair 2019 di Jombang kali ini ternyata juga diminati oleh pancari kerja dari luar Kabupaten Jombang. Salah seorang pencari kerja dari Kabupaten Lamongan bernama Aldila Putri (22), mengaku mengetahui informasi adanya Job Fair tersebut dari temannya yang asli dari Jombang. Dia berharap, dengan datang ke ajang tersebut bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan ijazah sekolahnya. Dia menambahkan, Job Fair seperti ini sangat membantu para pencari kerja seperti dirinya yang tengah membutuhkan pekerjaan. (Anik)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*