Bupati Jombang Terima Studi Banding Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungli Kabupaten Tabalong

JOMBANG,

Studi banding Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungli (UPP Cyber pungli) Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan ke Pemerintah Kabupaten Jombang disambut oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab. Bertempat di ruang rapat Swagata Pendopo Kabupaten Jombang. Selasa (26/11/2019).

Berdasarkan hasil evaluasi pemerintah Provinsi Jawa Timur, UPP Cyber pungli Kabupaten Jombang mendapatkan penghargaan nomor I terkait kegiatan yang dilakukan oleh Cyber pungli Kabupaten Jombang, ungkap Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab saat diwawancarai dirumah dinasnya.

Study banding ini hanya sharing yang nantinya akan di terapkan di Tabalong. Mundjidah juga menyampaikan bahwa, pemerintah daerah selalu mendukung dan bersama-sama saling bersinergi untuk memberikan sosialisasi tentang pungli hingga ke sekolah-sekolah.

Study banding ini merupakan bentuk silaturrahmi, bertukar pengalaman dan pengetahuan untuk meningkatkan kinerja, baik dari UPP Cyber pungli Jombang maupun Cyber pungli Tabalong yang kuncinya harus ada dukungan dari pemerintah daerah, jelasnya.

Sementara itu, Inspektur Inspektorat Kabupaten Tabalong, Drs. Nooryadi, M.Si, mengatakan bahwa, UPP Cyber pungli Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan melalukan kunjungan ke UPP Cyber pungli Kabupaten Jombang dalam rangka study banding, karena UPP Kabupaten Jombang merupakan UPP Cyber pungli terbaik se Jawa Timur.

Mengacu kepada hal tersebut, UPP Cyber pungli Tabalong belajar yang nantinya dapat diinovasikan yang dapat digunakan untuk perbaikan di daerah Tabalong, sehingga program pemerintah bisa maksimal dan dapat diimplementasikan untuk mencegah terjadinya Pungli.

Bahkan Nooryadi menjelaskan bahwa, tingkat pencegahan pungli di Kabupaten Jombang sangat tinggi dengan melakukan sosialisasi yang intens hingga ke sekolah-sekolah, hal itu akan juga dilakukan oleh UPP Cyber Pungli Tambalon.

“Kami disana kepada penyelenggara negara mulai dari tingkat desa hingga tingkat Kabupaten, Sedangkan di sini sampai kepada orang tua murid dan diberikan sosialisasi tersebut. Setelah menerima informasi tersebut dapat disimpulkan bukan hanya ke penyelenggara negara saja, tetapi hingga ke masyarakat,” ucapnya.

UPP Cyber Pungli Tabalong membawa 7 orang dari instansi pemerintah daerah, Inspektorat, Kejaksaan dan Kepolisian. Hasil Study banding ini akan dilakukan pembenahan sehingga upaya pencegahan pungli lebih baik lagi kedepannya.

Sedangkan Inspektur Inspektorat kabupaten Jombang, Drs. Eka Suprasetyo Agus Putranto, MM mengatakan bahwa, Inspektorat kabupaten Jombang sangat senang dan menyambut baik UPP Cyber pungli Tabalong yang melakukan study banding ke UPP Cyber pungli Kabupaten Jombang, apalagi UPP Cyber pungli Kabupaten Jombang telah mendapatkan penghargaan pencegahan di urutan pertama, jadi Eka merasa wajar saja jika Tabalong melakukan study banding ke Jombang.

Eka berharap dari study banding ini dapat menjalin kerjasama, sehingga lebih meningkat kembali kinerja yang ada di UPP Cyber pungli Kabupaten Jombang, pungkasnya. (ANIK)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*