Ro’an Akbar, MWCNU Bandarkedungmulyo Kerahkan 1000 Jama’ah

JOMBANG,
Ro’an Akbar adalah istilah yang digunakan di pesantren atau bahasa sehari-hari yaitu “Gugur Gunung atau Gotong Royong”. MWCNU selaku penggerak Ro’an di wilayah Kecamatan Bandarkedungmulyo menentukan titik atau sasaran daerah yang akan di bersihkan, terutama yang mendapat prioritas adalah tempat ibadah atau musholla. Rencananya akan membersihkan sekitar kurang lebih 50 tempat ibadah. Sebelum acara Ro’an, Sabtu (13/02/2021), MWCNU melaksanakan apel pagi serta pembekalan.

Ketua Tanfidiyah Kyai Tholut Mughni (Gus Tholut) menyampaikan, “Kita sebagai Nahdliyin mereka terpanggil untuk melakukan bahkan merupakan suatu kewajiban untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang terdampak dari musibah banjir yang terjadi di 6 desa di wilayah Kecamatan Bandarkedungmulyo. Kita semua yang ikut dalam kegiatan Ro’an ini masih beruntung bila dibandingkan dengan saudara kita yang lagi kena dampak banjir. Kita semua harus bisa memetik dari kejadian ini,” kata Gus Tholut.

Peserta Ro’an Akbar menerapkan Prokes

Sementara itu selain Gus Tholut, H. Basyarudin juga memberi kita sambutan selaku pembina GP Ansor sekaligus pengurus MWCNU. Masih kata H. Basyarudin, Badan Otonom NU (BANOM) dalam beberapa hari ini kurang lebih 9 hari bergerak bersama untuk membantu saudara kita yang lagi terkena musibah banjir.

Peserta Ro’an Akbar

Khusus untuk anggota BANSER setiap waktu selalu siaga untuk membantu para pengungsi banjir diantaranya ada yang membantu evakuasi korban, membuat posko bantuan, penyaluran bantuan. Bahkan seragam BANSER tidak sampai bisa dikatakan kering, karena setiap hari dipakai. Hal ini merupakan sebagai wujud rasa kebanggaan terhadap NU. Inilah ikhtiar konkrit kita dalam khidmat NU.

Disisi lain koordinator lapangan dalam kegiatan Ro’an Akbar adalah H. Irvan Karnadi, mengatakan selain Ro’an para kader NU yang bertugas di Posko Bantuan juga melakukan tugasnya masing-masing dengan baik. Diantaranya adalah kader-kader IPNU IPPNU yang melakukan pendataan jumlah donasi, ibu-ibu Fatayat dan Muslimat juga membuat dapur umum untuk memasak konsumsi yang akan didistribusikan ke warga terdampak serta konsumsi untuk relawan.

Penyerahan simbolis paket bantuan sembako ke Pemerintah Desa Gondangmanis
Dapur Umum

Dalam catatannya H. Irvan Karnadi juga menyampaikan, sampai saat ini jumlah paket sembako yang dihimpun oleh Posko Bantuan MWCNU kurang lebih 3000 paket baik yang disalurkan langsung maupun melalui Pos Balai Desa.

Pembekalan peserta Ro’an akbar

Dalam melepas keberangkatan peserta Ro’an, Gus Tholut dalam do’anya semoga keikhlasan para pengurus anggota NU beserta Banomnya, serta para relawan dari berbagai komunitas di balas oleh Allah SWT dengan ganjaran syurgawi. (her)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*